Pages

Powered By Blogger

Senin, 22 September 2014

Tokusatsu Keren Asal Indonesia

             Menurut mbah wiki istilah tokusatsu merupakan kependekan dari istilah tokushu satsuei (特殊撮影), sebuah istilah bahasa Jepang yang bisa diterjemahkan sebagai "special photography" yang mengacu pada penggunaan efek khusus (special effects). Biasanya, dalam sebuah film atau pertunjukan, orang yang bertanggung jawab untuk urusan efek khusus seringkali dipanggil dengan julukan tokushu gijutsu (特殊技術), yang berarti "special techniques" (istilah yang dulu digunakan untuk menyebut "special effects"), atau tokusatsu kantoku (特撮監督). Dulu di Jepang dan Indonesia, tokusatsu sangat populer terutama di kalangan anak-anak bahkan dewasa.
           Di Indonesia sendiri sekarang ini mulai digemparkan dengan adanya serial Bima Satria Garuda dan kelanjutannya (Season 2) yang dikenal dengan Satria Garuda Bima-X. Saya sebagai mahasiswa penggemar anime dan juga tokusatsu merasa sangat senang dan bangga dengan kehadiran satria baru di negeri ini. Awalnya saya sering kecewa dengan tayangan TV sekarang ini yang banyak membawakan unsur cerita percintaan remaja yang berlebihan dan tidak memberikan pelajaran nilai dan moral, terlebih lagi acara tersebut tidak kreatif karena meniru jalan cerita film-film bara, sedih sekali melihat adik-adik kecil nan polos malah menonton cerita percintaan.
          Oke kita langsung ke pokok bahasan hari ini, berhubung blog ini jarang aktif  sebelumnya saya ingin meminta maaf dulu hehe . . ., Mungkin bagi kalian pecinta tokusatsu di Indonesia belum banyak yang tahu bahwa sebenarnya terdapat banyak film tokusatsu indie yang ternyata tidak kalah bagusnya dengan Tokusatsu Jepang. Kali ini saya akan coba merangkum beberapat tokusatsu asal Indonesia yang paling TOP, dan berikut ini adalah tokusatsu paliang keren versi on the sp*t #eh Versi saya maksudnya haha


1. Wild Warden Lenaiger
         DRP (Dream Realization Project) baru saja meluncurkan sebuah proyek film tokusatsu dengan judul Wild Warden Lenaiger, sebuah karya yang memperkenalkan sesosok jagoan baru hasil kreativitas anak-anak negeri ini. Wild Warden Lenaiger menceritakan tentang seorang pemuda bernama Darius yang memperoleh kekuatan untuk berubah menjadi sesosok pahlawan yang disebut Lenaiger. Film perdana Wild Warden Lenaiger pada saat ini sudah tayang di YouTube dan dapat kalian saksikan langsung berikut ini :





  
2. Sphere Trinity

            Sphere merupakan sebuah projek tokusatsu karya Jeffry Sung.

Sphere sendiri mengisahkan tentang sebuah bola yang memiliki energi dan dapat memperkuat seseorang yang memilikinya. Sayangnya, selain bola yang memiliki kekuatan cahaya, ada juga bola yang memiliki kekuatan kegelapan yang jahat. Kini sang pemilik bola cahaya tersebut harus berusaha menyelamatkan dunia dari kejahatan bola kegelapan.
       Sebenarnya, Sphere sudah mulai dibuat film pada tahun 2004 lalu (dan pernah masuk Global TV loh dalam ajang festival film independen tahun itu). Awalnya Sphere merupakan karya tugas akhir (skripsi) dari Jeffry yang berkuliah di UK Petra, Surabaya. Lalu dengan teman-temannya, Sphere mulai disempurnakan oleh Muliady, dan dirancang oleh Michael untuk menjadi film. Dan muncul lah Origin Picture yang menangani film ini. Film ini pun hingga saat ini sudah banyak mengalami perubahan-perubahan. Di tahun 2005, masuk ke generasi kedua kini diberi judul Sphere Unleashed yang kali ini menampilkan re-design karakter utama.



3. GatotKaca : Rebirth

       Film berjudul “Gatot Kaca: Rebirth” ini disutradarai oleh Iqbal Rais dan diproduksi oleh Nation Pictures serta JTOKU Production. Film yang mengambarkan pahlawan Indonesia Gatot Kaca yang di kemas secara modern dan dibuat untuk mengingat kembali tentang sejarah Indonesia ini sejatinya akan dibuat dalam versi film penuh. Bahkan, beberapa sumber menyebutkan kalau “Gatot Kaca: Rebirth” ini bakal dibuat versi serial televisinya. Walaupun sampai sekarang belum sampai menembus layar TV Indonesia, mari kita doakan saja ya.











4. Bima Satria Garuda /Satria Garuda Bima-X
            Ini dia satu-satunya serial Tokusatsu Indonesia yang berhasil masuk ke dalam TV Nasional bahkan sampai dikenal di negara Jepang. BIMA Satria Garuda adalah sebuah serial tokusatsu dan serial komik Indonesia yang merupakan hasil kerja sama MNC Media atas inisiatif Reino Barack dengan Ishimori Productions, pembuat serial Kamen Rider. Dibintangi oleh Christian Loho, Rayhan Febrian, Stella Cornelia (JKT48), Adhitya Alkatiri, dan Sutan Simatupang, BIMA Satria Garuda adalah bagian pertama dari Satria Series ("Serial Satria"), ditayangkan di RCTI mulai 30 Juni 2013 hingga 22 Desember 2013, setiap hari Minggu pukul 08.30 WIB dengan tayangan ulangnya pada hari Sabtu pukul 15.00 WIB.

Pada 25 Juni 2014, pihak MNC mengumumkan peluncuran sekuel BIMA Satria Garuda dengan judul Satria Garuda BIMA-X. Serial sekuel ini akan mulai tayang pada 7 September 2014 sebanyak 50 episode, menampilkan karakter-karakter baru dalam dunia BIMA.
           Kisah BIMA Satria Garuda berawal di Dunia Paralel yang dikuasai Kerajaan VUDO dan berada di ambang kehancuran. Dunia Paralel adalah sebuah dunia yang hidup dalam kegelapan abadi, yang alamnya sudah tidak memiliki elemen sumber kehidupan karena ambisi kekuasaan Kerajaan VUDO. Rasputin adalah penguasa Kerajaan VUDO yang jahat dan kejam. Dia ingin mencari dunia lain untuk merebut segala sumber daya alamnya demi menghidupkan Dunia Paralel dan memperluas kekuasaan VUDO. Dua orang ilmuwan di Bumi berhasil membuat sebuah portal yang bisa menyambungkan Bumi dan galaksi lainnya, sehingga VUDO menemukan dunia lain yang bisa dikuasai.
            Ray Bramasakti mendapatkan Power Stone Merah dari seorang pemuda misterius bernama Mikhail untuk menghentikan segala upaya Rasputin dan Kerajaan VUDO untuk mengambil alih Bumi. Dengan mendapatkan Power Stone Merah, Ray mendapat kekuatan untuk berubah wujud menjadi "Bima", sang Satria Garuda. Randy Iskandar dan adiknya, Rena yang adalah keluarga angkat Ray pun ikut terseret dalam setiap aksi Bima melawan kegiatan jahat Rasputin dan Kerajaan VUDO.







Yah itulah beberapa tokusatsu terkeren Versi saya, sebenarnya masih banyak tokusatsu indie lain yang tak kalah kerennya tapi bagi saya ke-4 tokusatsu di atas adalah yang paling keren.

Sampai jumpa di postingan selanjutnya, doakan semoga saya tetap sehat dan rajin agar bisa mulai berkarya lagi, jangan lupa tinggalkan jejak yah. .  

17 komentar:

Anonim mengatakan...

Kereeennnn !!!

Unknown mengatakan...

mantap lah BSG keren

Anonim mengatakan...

akhirnya ada acara kreatif di TV kita, tingkatkan

Anonim mengatakan...

videonya cm bisa di lihat versi web yah :(

Anonim mengatakan...

masukin pocongman dkk dong :3

Silvan Egistian N mengatakan...

ia untuk video hanya bisa di lihat di PC :D

Silvan Egistian N mengatakan...

untuk tokusatsu indi di Indonesia memang cukup banyak, agak repot kalau dimasukan semua jadi saya hanya memilih sebagian saja hehe

Anonim mengatakan...

yang selain BSG sayang kalau tidak di tayangkan dan di garap secara profesional

Anonim mengatakan...

update lg gan

Unknown mengatakan...

mantap gan

Anonymous mengatakan...

Trinity sama Bima itu keren

Anonymous mengatakan...

Pocongman tidak keren menurut saya karena gaada cerita nya langsung berantem

Unknown mengatakan...

kelemahan indo tokusatsu adalah tidak tersedianya tokupedia dari para tokusatsu sehingga banyak yang tidak mengetahui karakter-karakter dalam setiap serial tokusatsu itu sendiri

Anonymous mengatakan...

Saya bilangin ya kalau tokusatsu indie itu tokusatsu yang dibuat diluar studio besar. Bima x kan dibuatnya di studio besar.

Anonymous mengatakan...

Oya tambahan tokusatsu indie yang keren:
1.Metal Knight Iron Strike
2.Hano Man
3.Panglima Petir

Anonymous mengatakan...

Ah gamau kalah mau bikin tokusatsu indie juga

Unknown mengatakan...

wah keren nih ternyata Indonesia

Posting Komentar